Monday, September 08, 2008

Sejarah zaman Khulafa'ur Rasyidin

Download this e-book entitled 'Tartib wa Tahdzib al-Bidayah wa an-Nihayah(Masa Khulafa'ur Rasyidin)' by Ibn Kathir, arranged by Dr Muhammad bin Shamil As-Sulami, Indonesian Edition from al-fikrah.net. However, before downloading, you need to register as a member.

Petikan dari buku 'Tartib wa Tahdzib al-Bidayah wa an-Nihayah(Masa Khulafa'ur Rasyidin)' :

...Buku fenomenal yang memang perlu dibaca oleh kaum Muslimin yang mengungkapkan kepada kita masa-masa keemasan Islam dan kaum Muslimin. Semua cerita dirakam secara apik(apik?-rapi dan bersih serta sangat baik) oleh al-Hafiz Ibnu Kathir dalam bukunya ini. Beliau menyusunnya berdasarkan kronologi waktu dan peristiwa. Salah satu kelebihan kitab beliau ini daripada buku-buku sejarah lainnya adalah referansi dan sumber-sumber sejarah yang menjadi patokan(patokan?-dasar utk menjalankan sesuatu) beliau.

Beliau bersandar kepada referansi terpecaya dan sumber-sumber sejarah yang berasal dari riwayat-riwayat yang shahih dan bisa dipertanggungjawabkan. Beliau berkata,

"Kami tidak akan menyebutkan riwayat-riwayat israiliyyat(riwayat-riwayat bani Israil), kecuali yang telah diizinkan oleh syariat untuk dinukil yang tidak menyelisihi al-Qur'an dan sunnah RasulNya (s.a.w), dan inilah bagian dari hal-hal yang tidak boleh dibenarkan ataupun didustakan yang biasanya menceritakan secara lebih luas berita-berita ringkas yang terdapat dalam agama kita, seperti penyebutan nama yang tidak disebutkan dalam syariat kita, yang hakikatnya tidak begitu penting untuk kita ketahui detailnya, maka dalam hal ini kami akan sebutkan sebagai pelengkap saja bukan sebagai hujjah yang akan dijadikan sebagai landasan, sebab sandaran sebenarnya hanyalah al-Quran yang mulia dan riwayat-riwayat yang dinukil secara shahih ataupun hasan, ataupun riwayat-riwayat yang lemah akan kami jelaskan kelemahannya."

No comments: